Pondok Pesantren Al Munawwir Gringsing - Batang

Meganthropus palaeojavanicus


Sebelumnya sahabat Story sudah tahu dong jenis-jenis manusia purba yang pernah hidup di Indonesia? Namun diantara kalian pasti ada yang kurang tahu jenis manusia purba yang pertama kali menghuni negeri kita. Nah, kali ini kita akan membahas tentang Meganthropus paleojavanicus manusia purba pertama yang menghuni negeri kita tercinta ini.


Jadi begini sahabat Story, dari khazanah peradaban manusia, sungai besar tidak pernah terlepas dari pusat peradaban, sebut saja sungai Nil (Mesir), Efrat - Tigris (Mesopotania), dan Shindu (India). Di tempat itulah manusia menjalankan aktifitasnya kemudian menciptakan budaya. Kiranya hal itu tidak mengherankan karena di lembah sungai itulah terhampar dataran subur.         

Di Indonesia kehidupan manusia paling tua ditemukan di lembah Bengawan (sungai) Solo. Ditempat yang kaya pangan ini sisa kehidupan manusia tertua ditemukan, ia adalah Meganthropus palaejavanicus.

Siapakah Meganthropus palaeojavanicus itu?. Pada tahun 1941 G.H.R. von Koenigswald menemukan fosil pecahan tulang rahang bawah mirip makhluk menyerupai manusia di dekat Sangiran. Makhluk ini kemudian ia namai sebagai Meganthropus palaeojavanicus. Dilihat dari bentuk gigi gerahamnya makhluk ini sudah menunjukan ciri manusia, tetapi dibagian lain yang lebih besar yaitu tulang rahang yang tidak berdagu, makhluk ini masih menunjukan corak gorila. 
Gigi gerahan  Meganthropus palaeojavanicus

















Sahabat Story, ukuran gigi geraham Meganthropus palaeojavanicus yang besar menjadi tolak ukur sumber makanannya (diet) saat itu yaitu kacang-kacangan dan tumbuhan-tumbuhan yang masih keras (belum dimasak). Meskipun demikian ia juga sebagai pemakan daging bila dilihat dari gigi taringnya.

Kira-kira kapan Meganthropus hidup ya sahabat Story? Makhluk ini diperkirakan hidup sekitar akhir jaman pliocen muda hingga awal pleistocen tua atau 2,7 - 2 juta tahun yang lalu. Dibandingkan volume otak manusia modern (Homo sapiens), volume otak meganthropus lebih kecil, hanya 380-430 cc. Namun sebaliknya ia memiliki ukuran tubuh lebih tinggi dibanding rata-rata tinggi manusia modern yaitu mencapai 2,5 meter. Cara ia berjalan sama dengan orang utan, yakni membungkuk sambil tangannya menyangga tubuhnya. Sikap berjalannya yang seperti itu karena ukuran panjang tangannya melebihi panjang kaki miliknya.

Bagaimana sahabat Story? Sudah semakin tahu 'kan tentang manusia purba pertama yang menghuni negeri ini. Ternyata Meganthropus palaeojavanicus adalah manusia purba pertama yang hidup di negeri kita Indonesia. Jadi, sebagai anak Indonesia, kita harus bangga karena tidak semua negara memiliki bukti kuat adanya makluk purba sebelum manusia yang hidup sejak 2,5 juta tahun yang lalu ini “kasih tepuk tangan dong untuk Indonesia...!”

No comments

Powered by Blogger.