Pondok Pesantren Al Munawwir Gringsing - Batang

Homo floresiensies


Hai sahabat Story sudah pada ngopi belum? Kok pada diem diem bae’. Sahabat Story, kalian sudah tahu ada manusia hobbit yang pernah menghuni Nusantara?. Yup benar  Homo floresiensis namanya. Baiklah biar gak bertele-tele langsung saja ya kita bahas Homo floresiensies.

Jadi sahabat Story, sebagaimana namanya jenis manusia purba  yang ditemukan di Gua Liang Bua (LB) pada tahun 2003 ini berasal dari Flores, Nusa Tenggara Timur. Homo floresiensis atau yang
lebih familier disebut ‘Hobbit’ hidup di jaman pleistocen atas atau sebelum datang nenek moyang bangsa aborigin (Homo wajakensis), yakni sekitar 100 rb – 50 rb tahun yang lalu.
Kerangka dan Tengkorak Homo floresiensies
Ciri khas makhluk Flores penghuni gua ini, berperawakan pendek dengan tinggi badan mereka saat memasuki usia dewasa rata-rata adalah 100 cm dengan berat badan 30-40 kg, sedangkan volume otak mereka 426 cc, lebih kecil dibandingkan Homo erectus (Trinil). Dilihat dari bentuk tulang jidatnya yang tidak licin ke belakang mengindikasikan adanya kesamaan fisik dengan manusia modern, tetapi tulang kepala belakangnya yang menonjol dan wadah gigi depannya yang maju mengarah pada fisik Homo erectus. Bila ditarik benang merah, maka Homo floresiensis ini berada diantara bentuk fisik Homo erectus dengan Homo sapiens.
Flakes tinggalan Homo floresiensies  yag ditemukan di Liang Bua, NTT.
Homo floresiensies di duga sudah berbudaya. Hal tersebut diperkuat dengan adanya penemuan flake di sektor III dan IV Goa Liang Bua, Flores NTT.  Alat serpih batu (flake) yang ditemukan memiliki ciri khusus yakni ukurannya tidak lebih dari 7 cm dan memiliki permukaan kasar.  Dilihat dari fungsinya peralatan ini hanya digunakan untuk berburu, menangkap ikan, mengumpulkan keladi, mengorek ubi, dan memetik buah-buahan. Meskipun multi guna, namun perkakas ini tidak cocok digunakan untuk bertani. Dugaan sementara dari dasar bentuknya, flake ini adalah modifikasi dari Kapak Pacitan yang dibuat dengan ukuran kecil. Ukuran tersebut disesuaikan dengan ukuran tubuh Homo floresiensis yang relatif kecil.

Nah, gimana sahabat Story makin enak kan ngopinya dapat pengetahuan pula tentang Homo floresiensis. Jadi Homo floresiensies ini adalah manusia hobbit prasejarah Indonesia. Mereka hidup 100 rb – 50 rb tahun yang lalu. Dikatakan hobbit karena ukuran tubuh mereka yang pendek. Tinggi mereka rata-rata 100 cm dengan berat badan 30-40 kg. 
Sahabat Story untuk memperdalam materi jangan lupa baca juga yah : Homo erectus manusia purba paling terkenal dari Indonesia

No comments

Powered by Blogger.