Pondok Pesantren Al Munawwir Gringsing - Batang

Yunani Kuno : Dasar Peradaban Bangsa Barat

 Apa itu Peradaban Yunani Kuno?

Peradaban Yunani kuno adalah suatu pencapaian kebudayaan tertinggi oleh orang-orang Yunani yang mempengaruhi budaya-budaya di daerah Mediterania dari tahun 776 SM hingga 31 SM. 

Peradaban Yunani Kuno mencapai puncaknya ketika Alexander Agung berhasil menguasai sebagian besar Eropa dan Asia Barat. Saat itu kebudayaan Yunani turut menyebar dari Asia hingga Timur-Tengah.

Peradaban Yunani telah membentuk fondasi banyak budaya Barat saat ini. Segala sesuatu mulai dari pemerintahan, filsafat, sains, matematika, seni, sastra, dan bahkan olahraga dipengaruhi oleh budaya Yunani Kuno.

Bagaimana keadaan geografis Yunani Kuno?

Peradaban kuno Yunani berkembang di tenggara Eropa, tepatnya di sepanjang pantai Laut Mediterania. Formasi geografis Yunani termasuk pegunungan, laut, dan pulau membentuk pembatas alami antara negara-kota Yunani.

Negara-kota Yunani membentang di sepanjang garis pantai Aegean dan di banyak pulau di Laut Aegea. 

Laut Aegea adalah rumah bagi lebih dari 1000 pulau. Orang Yunani menetap di banyak pulau ini termasuk Kreta (pulau terbesar), Rhodes, Chios, dan Delos. Tidak di Aegea saja, Orang Yunani juga mendirikan koloni di seluruh Mediterania dan Laut Hitam, termasuk permukiman di Italia modern, Prancis, Spanyol, Turki, dan sebagian Afrika Utara. Koloni ini membantu menyebarkan budaya Yunani ke seluruh wilayah.

Sama dengan Indonesia, di Yunani terdapat banyak pegunungan. Sekitar 80% dari daratan Yunani adalah pegunungan. Hal ini tentu menyulitkan perjalanan jauh melalui darat. Maka transportasi laut adalah moda paling efektif untuk mobilitas penduduk.

Peloponnese adalah semenanjung besar yang terletak di ujung selatan daratan Yunani. Peloponnese hampir menyerupai sebuah pulau, namun terhubung dengan daratan utama melalui sebidang tanah kecil yang disebut Isthmus of Corinth. 

Peloponnese adalah rumah bagi beberapa negara kota besar Yunani termasuk Sparta, Corinth, dan Argos. Sedangkan di utara Peloponnese adalah Yunani Tengah. Yunani Tengah merupakan rumah bagi penduduk Attica yang terkenal sebagai kota Athena. 

Bagaimana keadaan sosial-politik masyarakat Yunani Kuno?

Yunani Kuno terdiri dari puluhan negara-kota.  Setiap negara kota memiliki aturan dan pemerintahannya sendiri. Seiring waktu, beberapa negara kota akan berganti sistem pemerintahan. Kadang-kadang mereka diperintah oleh Tiran dan, di lain waktu, menjadi negara demokrasi.

Ada tiga jenis pemerintahan utama:

  • Demokrasi - Sebuah pemerintahan yang diperintah oleh rakyat, atau majelis. Pejabat dan pemimpin dipilih oleh semua warga negara yang memiliki suara.
  • Monarki - Pemerintahan yang dipimpin oleh seorang penguasa tunggal seperti raja. Di Athena penguasa ini disebut Tiran.
  • Oligarchy -  Pemerintah negara yang dipimpin oleh sekelompok kecil keluarga.

Negara-kota Athena adalah yang pertama kali memperkenalkan dunia pada gagasan demokrasi. Saat itu warga diizinkan untuk memilih pemimpin mereka dan undang-undang baru. Ide ini lazim di dunia saat ini. Sebagian besar pemerintahan memiliki semacam demokrasi di mana rakyat dapat memilih dan berpartisipasi dalam pemerintahan.

Bagaimana keadaan sosial-ekonomi masyarakat Yunani Kuno?

Perbudakan adalah praktik umum selama periode waktu Yunani Kuno. Sebagian besar keluarga Yunani, memiliki setidaknya satu budak. Budak-budak tersebut adalah orang asing yang ditangkap dalam perang atau dibeli melalui perdagangan budak.

Budak merupakan bagian penting dari budaya dan ekonomi Yunani Kuno. Budak melakukan berbagai macam pekerjaan tergantung pada keterampilan mereka dan siapa yang memilikinya. Beberapa budak melakukan kerja paksa di tambang atau di pertanian. Budak lain melakukan pekerjaan rumah tangga atau bekerja sebagai pengrajin di kota.

Ada berbagai jenis budak di Yunani Kuno. Mereka memiliki aturan yang berbeda tergantung pada kota tempat tinggal budak itu. Namun, secara umum, budak memiliki sedikit hak. Mereka harus bekerja berjam-jam melakukan pekerjaan apa pun yang diminta pemiliknya. Budak tidak bisa memiliki properti dan memiliki lebih sedikit hak daripada warga negara. Dalam banyak kasus, mereka tidak dapat dihukum mati tanpa pengadilan yang adil.

Bagaimana keadaan sosial-budaya masyarakat Yunani Kuno?

Kebudayaan Yunani sangat sangat lekat pengaruhnya dalam kebudayaan Barat. Orang Yunani paling terkenal dengan pahatan realistis mereka yang mencoba menangkap keindahan dan kesempurnaan subjek.

Orang Yunani Kuno menyukai atletik dan olahraga. Warisan ini mereka contohkan dalam Olimpiade yang telah dimulai sekitar 776 SM.  

Orang Yunani adalah pelopor drama barat di mana karya tulis dilakukan oleh para aktor. Teater Yunani memperkenalkan cerita komedi dan tragedi. 

Bagaimana peran para filsuf dalam memajukan Ilmu Pengetahuan Yunani?

Filsuf adalah orang yang mempelajari dan menganalisis dunia di sekitar mereka menggunakan logika dan nalar. Banyak filsuf Yunani yang mempelajari matematika dan fisika. Seringkali para filsuf adalah guru bagi anak-anak bangsawan. Beberapa dari mereka bahkan membuka sekolah atau akademi mereka sendiri.

Socrates adalah filsuf besar Yunani. Ajarannya terkait dengan Metode Socrates, yaitu cara mempelajari masalah melalui teknik tanya jawab. Socrates memperkenalkan filsafat politik dan membuat orang Yunani mulai berpikir keras tentang moral, baik dan jahat, dan bagaimana masyarakat mereka seharusnya bekerja. Socrates tidak banyak menulis, tapi kita tahu apa yang dia pikirkan dari rekaman muridnya, Plato.

Plato menulis banyak filosofi dalam percakapan yang disebut dialog. Dialog tersebut menampilkan Socrates sebagai salah satu pembicaranya. Karya Plato yang paling terkenal disebut Republik. Dalam karya ini Socrates membahas arti keadilan dan bagaimana kota dan pemerintahan harus diatur. Dia menggambarkan masyarakat idealnya dalam percakapan. Karya ini masih dipelajari sampai sekarang dan memiliki pengaruh baik pada filsafat dan teori politik sepanjang sejarah. Plato kemudian mendirikan sekolahnya sendiri bernama Akademi tempat Aristoteles menimba ilmu.

Aristoteles adalah murid Plato, tetapi tidak selalu setuju dengan semua yang dikatakan Plato. Aristoteles suka fokus pada bidang filsafat yang lebih praktis termasuk sains. Ia mendirikan sekolahnya sendiri yang disebut Lyceum. Dia berpikir bahwa akal adalah kebaikan tertinggi dan penting untuk memiliki kendali diri. Aristoteles adalah guru Alexander Agung.

Apa yang menyebabkan peradaban Yunani Kuno runtuh?

Perang terus-menerus antara negara-negara kota telah melemahkan Yunani dan membuatnya sulit untuk bersatu melawan musuh bersama seperti Roma. 

Sementara orang Yunani mengalami kemunduran, peradaban baru di Italia (Romawi) naik ke tampuk kekuasaan. Pada tahun 215 SM, sebagian Yunani bersekutu dengan Kartago melawan Roma. Roma menyatakan perang terhadap Makedonia (Yunani utara). Mereka mengalahkan Makedonia pada Pertempuran Cynoscephalae pada 197 SM.

Roma melanjutkan penaklukannya atas negara kota Yunani lainnya. Yunani akhirnya  ditahklukan dalam Pertempuran Korintus pada 146 SM. Roma berhasil menghancurkan dan menjarah kota Korintus sebagaimana dengan kota-kota Yunani lainnya. Maka, sejak saat itu Yunani diperintah oleh Roma. 


No comments

Powered by Blogger.