Pondok Pesantren Al Munawwir Gringsing - Batang

Revolusi Amerika (Cikal Berdirinya Negara Amerika Serikat)


Apa itu Revolusi Amerika

Revolusi Amerika adalah masa ketika koloni Inggris di Amerika memberontak melawan pemerintahan Inggris Raya. 

Selama Revolusi, terjadi banyak pertempuran dengan hasil koloni memperoleh kebebasan mereka dan menjadi negara merdeka bernama Amerika Serikat. Perang ini berlangsung dari 1775 hingga 1783.

Pemberontakan 13 Koloni Inggris di Amerika

Sebelum terjdi Revolusi Amerika, ada banyak Koloni Inggris di negeri tersebut. Tidak semua koloni berpartisipasi dalam revolusi. Hanya 13 koloni yang memberontak, yakni: Delaware, Virginia, Pennsylvania, New Jersey, Georgia, Connecticut, Massachusetts, Maryland, North Carolina, South Carolina, New Hampshire, New York, dan Rhode Island.

Alasan Pemberontakan oleh 13 Koloni Inggris di Amerika

Koloni Inggris di Amerika memberontak melawan negara Inggris Raya karena kecewa tidak terwakili dalam pemerintahan Inggris. Pemerintah Inggris dianggap semena-mena dengan membuat undang-undang pajak baru atas koloni Inggris di Amerika yang membuat rakyat sengsara.

Jalannya Perang Revolusi Amerika

Perang tidak langsung terjadi. Mulanya pihak koloni hanya menyampaikan protes dan argumen. Kemudian berlanjut pada beberapa pertempuran kecil antara koloni dan tentara Inggris setempat. Namun menjadi semakin buruk selama bertahun-tahun sampai koloni dan Inggris Raya berperang.

Kemerdekaan Amerika Serika sebagai Akhir Revolusi Amerika

Setiap koloni memiliki pemerintahan lokalnya sendiri. Pada 1774 mereka masing-masing memilih pejabat untuk mewakili mereka di Kongres Kontinental Pertama. Hal itu adalah upaya pertama koloni untuk bersatu dan membuat satu pemerintahan. 

Pada tahun 1776, Kongres Kontinental Kedua mendeklarasikan kemerdekaan Amerika Serikat dari Inggris Raya.

No comments

Powered by Blogger.